Review Samsung Notebook Series 5 / 535U3C-A02ID

11 Agu

Untuk merayakan ulang tahun pertamanya, tanggal 1 Agustus 2012 yang lalu, Blibli.com mengadakan temu media dalam acara yang bertajuk “Blibli.com 1st Anniversary: A Year of Fun & Relaxing Shopping Experience.” Blibli.com yang diluncurkan pertama kali secara resmi pada tanggl 25 Juli 2011 telah beranjak dari sebuah startup yang belum banyak dikenal oleh para pengguna Internet di Indonesia, menjadi salah satu online retailer terbesar di Indonesia saat ini.

Blibli.com yang merupakan salah satu startup hasil karya asli anak bangsa menyadari bahwa potensi e-commerce di Indonesia sangat besar dan akan makin bertambah di kemudian hari. Namun, membangun sebuah perusahaan online retailer saja tidak cukup bagi Blibli.com. Perusahaan ini pun mencoba untuk berinovasi dan membedakan diri dari online store lain yang kian menjamur. Bagi Blibli.com, kuncinya tentu saja ada pada layanan pelanggan yang prima, dan usaha untuk selalu menghadirkan produk berkualitas, salah satunya dengan cara menggandeng partner-partner yang terpercaya.

Dalam perayaan ulang tahun pertama Blibli.com yang dibuka oleh Head of Marketing Blibli.com, Bapak Ivan W. Hudyana, dijelaskan tentang langkah perusahaan online retailer ini sejak awal diluncurkan sampai dengan sekarang. Pak Ivan menjelaskan pertumbuhan Blibli.com yang cukup impresif. Selain pertumbuhan jumlah pengunjung dan pageview, Pak Ivan juga menjelaskan tentang perubahan dari situs Blibli.com sendiri untuk memenuhi misinya dalam memberikan pelayanan terbaik. Salah satu bentuk simplifikasi yang memudahkan kunjungan pembeli di Blibli.com adalah jumlah tahapan yang harus dilalui sebelum barang berhasil sampai ke alamat yang dituju. Bila sebelumnya ada lima tahapan yang harus dilalui pembeli sebelum membayar, kini tahapan tersebut dipersingkat menjadi tiga saja.

Selain itu, Blibli.com juga tak ragu untuk merangkul perkembangan teknologi baru untuk makin memudahkan transaksi di situsnya. Pak Ivan menjelaskan bahwa nantinya Blibli.com juga akan mencoba untuk mengaplikasikan beberapa teknologi baru, termasuk memudahkan pembelian secara mobile baik via mobile site, maupun dengan bantuan gadget tertentu.

Blibli.com sendiri terus berusaha untuk meningkatkan pelayanannya dengan mengumpulkan insight dari berbagai riset pemasaran dan penjualan yang dapat diamati dari para pengunjung situsnya. Menarik untuk mengetahui bahwa perilaku online buyer di Indonesia begitu unik, karena itu strategi pengembangan hanya bisa dilakukan setelah melakukan pengamatan cermat, dan tak hanya bisa meniru apa yang telah sukses dilakukan di negara lain.

Perayaan ulang tahun Blibli.com ditutup dengan acara tiup lilin yang diwakili oleh pihak Blibli.com, perwakilan dari salah satu konsumen setia Blibli.com, serta rekan-rekan media. Untuk memeriahkan acara perayaan ulang tahun Blibli.com, setelahnya, acara dilanjutkan dengan pengujian langsung produk Samsung Notebook Series 5 oleh para blogger.

Review Samsung Notebook Series 5

Mobilitas merupakan hal yang penting bagi para pengguna teknologi di jaman sekarang. Para produsen komputer mencoba menjawab kebutuhan ini dengan menghadirkan berbagai notebook yang tak hanya ringan, namun juga canggih. Bila saat ini kehadiran notebook ringan masih dianggap sebagai sebuah barang mahal, hal itu akan segera berubah karena opsi notebook ringan yang juga tak berat di kantong pun mulai bermunculan. Salah satu brand yang mencoba untuk menghadirkan notebook yang menunjang mobilitas tinggi adalah Samsung. Bila melalui Samsung Notebook Series 9, perusahaan asal Korea Selatan ini sudah mencoba untuk menghadirkan notebook super tipis dengan harga premium, melalui Samsung Notebook Series 5, mereka yang memiliki budget terbatas pun dapat memiliki notebook ringan dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain merilis Samsung Notebook Series 5 dengan prosesor Intel, Samsung juga merilis ultrathin notebook dengan prosesor AMD. Samsung 535U3C-A01ID dan 535U3C-A02ID sama-sama berbasis prosesor AMD Trinity. Dalam acara perayaan ulang tahun Blibli.com, beberapa blogger diberi kesempatan untuk mencoba sendiri kehandalan Samsung Notebook Series 5 langsung di tempat penyelenggaraan acara.

Produk yang diujicobakan dalam acara pengujian ini adalah Samsung 535U3C-A02ID. Notebook ini memiliki prosesor AMD Dual Core A6-4455M 2,1 GHz dengan 2 MB L2 Cache. Prosesor ini mendapatkan nama Trinity karena ia terdiri dari tiga arsitektur bagian yang berbeda. CPU core-nya didasarkan pada arsitektur Piledriver, GPU core-nya berdasarkan Northern Islands GPU core, dan video processing engine-nya berdasarkan arsitektur Southern Islands GPU yang baru (seri HD 7900). UVD3 video decoder yang terintegrasi juga memungkinkan decoding dari Multi-View Codec (MVC), MPEG-4 Part 2 (DivX, xVid), MPEG-4 AVC/H.264, serta video Adobe Flash HD. Trinity sendiri diperuntukkan untuk digunakan khususnya pada notebook super tipis. Sementara itu prosesor grafis Samsung 535U3C-A02ID sendiri menggunakan AMD Radeon™ HD 7500G Graphics. Dalam daftar mobile graphics card benchmark di Netbook Check, HD7500G tidak terlalu buruk, karena menempati urutan 203 (data 2 Agustus 2012) dari sekitar 453 sampel.

Samsung 535U3C-A02ID ini dibundel langsung dengan Windows® 7 Home Premium 64-bit dan beberapa software yang sudah ter-install seperti Adobe Acrobat Reader, Microsoft Office Starter 2010, Cyberlink Media Suite, sampai Skype, sehingga beberapa aktivitas sederhana dapat langsung dilakukan out of the box.

Untuk mengetahui performa dari Samsung 535U3C-A02ID secara kasar, kami mengecek Windows Experience Index notebook ini. Berikut adalah hasil screenshot dari WEI Samsung 535U3C-A02ID yang mencapai angka 4,6.

Dapat dilihat bahwa poin tertinggi yang didapatkan dari Samsung 535U3C-A02ID adalah kemampuannya dalam 3D business dan gaming graphic. Meskipun notebook ini sepertinya lebih cocok digunakan untuk untuk kebutuhan computing sehari-hari, namun kelebihannya di sisi ini membuat Samsung 535U3C-A02ID mungkin terasa menarik bagi para casual gamer. Dengan dukungan memori sebesar 4GB, seharusnya permainan-permainan yang tidak terlalu berat dapat dijalankan di notebook ini dengan lancar. Selain itu, notebook dengan layar LCD 13,3 inchi ini memiliki tampilan SuperBright 300nit sehingga nyaman untuk digunakan saat bermain game ataupun menonton film meskipun dalam suasana low light. Selain itu, dengan layar Anti-Reflective, notebook ini juga harusnya tetap enak untuk digunakan di luar ruangan saat siang hari.

Untuk pengujian di tempat, tes dilakukan dengan melakukan uji dengan aktivitas sederhana seperti mengetik, menjalankan beberapa aplikasi, dan memutar file multimedia. Samsung 535U3C-A02ID memiliki keyboard chiclet yang sekilas mirip dengan beberapa jenis notebook lain. Meski tidak senyaman beberapa keyboard dari beberapa merek lain, tapi tidak ada hambatan yang serius saat mencoba mengetik dengan keyboard ini. Untuk menjalankan beberapa aplikasi bawaan notebook ini, tidak ada masalah yang ditemui. Dengan memori sebesar 4GB — dapat di-upgrade ke 8GB — aplikasi yang dipakai sehari-hari, misalnya seperti word processor sama sekali tidak ada masalah. Uji untuk pemutaran file video 720p juga berjalan mulus. Meski demikian, tidak dimungkinkan untuk mengetes kualitas suara dari notebook ini karena situasi di sekeliling saat pengujian terlalu bising.

Kelebihan utama Samsung 535U3C-A02ID tentu saja terlihat dari ukuran dan beratnya. Untuk menunjang mobilitas penggunanya, notebook ini hadir dengan bobot yang cukup ringan. Dengan berat sekitar 1,52 kg, Samsung 535U3C-A02ID lebih ringan dari kebanyakan notebook standar yang beredar di pasaran pada saat ini. Bila pengguna notebook saat ini rata-rata menjinjing notebook seberat sekitar 2 kg, pengurangan sekitar setengah kilogram terasa cukup signifikan. Apalagi, selain ringan, Samsung 535U3C-A02ID juga hadir dengan bentuk yang tipis dan ramping. Notebook ultrathin ini sendiri memiliki dimensi panjang 315,1 mm dengan lebar 218,9, serta ketebalan antara 14,9 sampai 17,6 mm. Karena ringan dan cukup tipis, notebook ini pun nyaman digunakan dan tidak menghabiskan tempat penyimpanan yang terlalu besar dan terlihat lebih atraktif dari notebook yang berbentuk bulky.

Dari segi tampilan, Samsung 535U3C-A02ID terlihat cukup menarik. Notebook ini sendiri memiliki tiga pilihan warna, yaitu mocha brown, pop pink, dan titan silver. Bahan yang digunakan sebagian besar terbuat dari plastik, namun saat digenggam, Samsung 535U3C-A02ID tidak terasa terlalu ringkih mengingat tipisnya bodi dari notebook ini. Engselnya pun merespon dengan cukup baik dan tidak mudah goyah meskipun digerakkan dengan cepat dan mengalami sedikit guncangan. Meski demikian, built-nya memang tidak sebaik Samsung Notebook Series 9 yang terbuat dari Duralumin, tapi nampaknya notebook ini cukup kokoh untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Salah satu poin plus lain dari Samsung 535U3C-A02ID adalah kapasitas penyimpanannya yang cukup memadai. Dibandingkan dengan notebook-notebook tipis yang ditawarkan produsen lain, Samsung 535U3C-A02ID cukup unggul karena kapasitas yang ditawarkan adalah 500GB. Mereka yang memiliki data dalam jumlah besar ataupun memiliki koleksi file multimedia yang cukup besar akan merasa nyaman untuk bepergian dan tetap membawa data mereka tanpa harus mengandalkan tambahan kapasitas dari hard disk eksternal.

Berdasarkan tes yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Samsung 535U3C-A02ID cocok untuk digunakan oleh mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan menginginkan notebook tipis yang ringan namun tak ingin mengeluarkan terlalu banyak uang. Samsung 535U3C-A02ID berfungsi baik untuk menjalankan kegiatan computing sederhana, namun tidak disarankan untuk menjalankan program-program berat dengan notebook ini. Kemampuan notebook ultrathin ini cukup dapat memuaskan casual gamer dan juga cukup baik untuk menjalankan file multimedia. Kapasitasnya yang besar juga akan membuat mereka yang hobi mengoleksi file-file besar menjadi cukup lega. Tetapi, built notebook ini tidak terlalu kokoh dan performanya mungkin terasa terbatas untuk sebagian orang.

Bila dibandingkan dengan notebook dalam seri yang sama yang memiliki basis Intel, Samsung 535U3C-A02ID yang memiliki prosesor AMD mungkin memiliki kekurangannya sendiri. Namun, Samsung Notebook Series 5 yang menggunakan Intel lebih mahal kira-kira $100 dibandingkan yang menggunakan AMD. Selain itu, dengan prosesor grafis HD 7500G, Samsung 535U3C-A02ID jelas menjadi pilihan yang lebih menarik bagi mereka yang ingin bekerja sambil tetap bersenang-senang dengan menikmati computer game favorit. Selain bagi pekerja kantoran, Samsung 535U3C-A02ID sepertinya juga akan cukup menarik bagi mahasiswa.

Samsung 535U3C-A02ID sendiri dipatok di harga $699. Di Blibli.com sendiri, Samsung Notebook Series 5 dengan prosesor AMD ini ditawarkan dengan harga khusus, yaitu Rp 6.599.000,-

Untuk pertimbangan ulang, berikut adalah spesifikasi lengkap Samsung 535U3C-A02ID:

Sistem Operasi

Genuine Windows® 7 Home Premium (64-bit) Asli

Prosesor

AMD Dual-Core A6-4455M Accelerated Processor (2,1GHz, 2MB L2 Cache)

Layar

LCD 13,3″ SuperBright 300nit HD LED Display (1366 x 768), Anti-Reflective

Spesifikasi Fisik

– Dimensi: (Panjang x Lebar x Tinggi) 315,1 x 218,9 x 14,9 – 17,6mm (12,4″ x 8,6″ x 0,58″ – 0,69″)
– Berat: 1,52Kg (3,35lbs)

Grafis

– Prosesor Grafis: AMD Radeon™ HD 7500G Graphics

– Memori Grafis: Shared with System Memory

Memori

– Sistem Memori: 4GB DDR3 System Memory at 1.333MHz (on BD 4GB)

– Slot Memori: 1 DIMM Slots

Penyimpanan

– HDD: 500GB S-ATAII Hard Drive (5.400RPM)

– ODD: Tidak ada

Chipset Utama

AMD A70M

Multimedia

– Suara          : HD Audio

– Efek Suara: Mic Noise Suppression

– SoundAlive™

– Speaker: 4W Stereo Speaker (2W x 2)

– Kamera Terpadu: 1,3 megapixel HD Webcam

Komunikasi

– Modem: Tidak ada

– Bluetooth: Bluetooth V4.0

– LAN Ethernet Kabel 10/100/1000 Gigabit Ethernet LAN

– LAN Nirkabel 802.11abg/n (2 x 2)

Port I/O

– VGA: Ada (Adapter Option)

– USB: (Sleep-and-Charge) 1 USB 3.0, 2 USB 2.0

– Slot Multi Kartu: 4-in-1 (SD, SDHC, SDXC, MMC)

– HDMI: Ada

– Headphone Out: Headphone-out / Mic Combo

– Mic-in: Headphone-out / Mic Combo

– MIC Internal: Ada

– Port Layar: Tidak ada

– Port Dock: Tidak ada

– RJ11 (Modem): Tidak ada

– RJ45 (LAN): Ada

– DC-Dalam (Port Daya): Ada

Daya

– Adaptor AC: 40 Watt

– Baterai Standar: 4 Cell (45Wh)

Input

– Keyboard: 81 Key, 80 Key

– Papan Sentuh, Layar Sentuh: Touch Pad (Scroll Scope, Flat Type, Gesture UI)

Perangkat Lunak

– Standard DVD: OS DVD

– Software Terinstal: Universal Printer/Scanner Driver, Easy File Share, Easy Migration, Adobe Acrobat Reader, Microsoft Office Starter 2010, Samsung Support Center, WildTangent Game Console, Windows Live, Norton Online Backup (30-day Trial), Skype, Cyberlink Media Suite, Cyberlink Youcam, Easy Settings, Software Launcher

Keamanan

– Virus: Norton Internet Security (60-day Trial)*

– Kunci: Tidak ada

– Solusi Pemulihan: Samsung Recovery Solution

– Pembaca Sidik Jari: Tidak ada

– TPM: Tidak ada

– Keamanan (Hardware): Tidak ada

– Kemanan Software: BIOS Boot Up Password, HDD Password, Norton Internet Security (60-day Trial)*

3 Tanggapan to “Review Samsung Notebook Series 5 / 535U3C-A02ID”

  1. hp samsung Selasa, Januari 13, 2015 pada 11:23 pm #

    speknya wowww bangettt laahhh bousss

  2. katecharles4552 Jumat, April 8, 2016 pada 2:08 pm #

    […] ← The Ambongdolan Caves of Tublay, Benguet: Paterno Cave Dec 12 2015 […] Click https://twitter.com/moooker1

  3. harga ipad Senin, Juni 20, 2016 pada 1:45 pm #

    ini mah laptop kesayangan nihh, hihihih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: